Laman

Rabu, 23 September 2015

9 tips sukses di marketplace online

Marketplace online kini semakin bertumbuh di Indonesia seiring dengan tren belanja online yang digemari masyarakat. Beberapa contoh marketplace yang ada, misalnya Lazada, Tokopedia dan Rakuten.
Bagi pelaku usaha, adanya marketplace menjadi kesempatan besar untuk membidik pembeli yang lebih luas.
Agar bisa berhasil mengembangkan bisnis lewat marketplace, simak 9 tips berikut ini.

1.Perhatikan tampilan
Foto produk menjadi nyawa dari penjual online. Lebih baik menggunakan hasil foto sendiri daripada foto dari google karena akan lebih meyakinkan pembeli. Unggah foto-foto produk dengan sudut pengambilan yang benar, pencahayaan yang baik. Satu produk bisa sampai lima foto. Jika satu produk ada beberapa warna, masukkan foto semua jenis warna karena pembeli butuh yang spesifik.
2.Nama produk harus tepat
Pembeli akan mencari produk di search engine, maka buat penamaan produk sesuai mekanisme SEO. Usahakan agar nama produk tidak terlalu general tetapi tidak terlalu spesifik. Misalnya kemeja kota/tartan, katun merah. Jangan masukkan kode produk dengan sistem angka seperti halnya di katalog.
3.Deskripsi jelas
Di marketplace, ada banyak produk yang sama dengan harga yang bersaing. Deskripsi yang baik akan menjadi pembeda yang efektif dan mencegah misskomunikasi dengan pembeli. Deskripsikan minimal dua paragraf pendek, pertama memuat pemakaian produk, kedua memuat spesifikasi produk.
http://supplier.id/?join=716
4. Asuransi dan Retur
Fasilitas ini opsional, tetapi jika produk yang dijual rentan, sebaiknya berikan asuransi pengiriman dengan berkonsultasi kepada pihak ekspedisi. Jelaskan juga kepada konsumen apakah toko Anda menyediakan fasilitas retur / tidak, sehingga ketika ada kerusakan Anda tidak dikomplain.
5. Harga
Pembeli biasanya mencari produk dengan list harga termahal atau termurah. Dalam menentukan harga jual, Anda bisa mengikuti harga pasar atau pakai harga sendiri untuk mendapatkan pelanggan.
6. Perbanyak produk yang djual
Jika ada banyak produk, tampilan toko lebih menarik dan membuat pembeli punya banyak pilihan. Misalnya jika Anda berjualan kaos, cari model yang up to date dan perbanyak pilihan warnanya.
7. Manfaatkan brand dan musim
Sebagian marketplace menyedian fasilitas berupa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan penjual untuk promosi. Misalnya, pada fitur hotlist di tokopedia, ada produk-produk unggulan yang sedang musim dan dicari orang yang berubah setiap harinya. Sesuaikan produk dengan daftar hotlist sehingga toko Anda lebih sering dilihat.
8. Komitmen
Ketika konsumen mau mencoba membeli, berikan produk yang bagus, kemasan rapi, dan pelayanan cepat sehingga dia mau balik lagi ke toko. Penjual harus berkomitmen dan tidak asal-asalan, sebab rasa percaya sangat penting dalam bisnis online.
9. Beri sentuhan personal
Kreatifitas penjual bisa menambah kepercayaan konsumen untuk mau datang kembeli. Ada penjual yang memberi kertas ucapan terimakasih di tiap produk yang dijualnya sehingga konsumen bisa tersentuh.  Ada juga penjual yang menambahkan produk sale di tokonya.

sumber : bisnis.com

Tidak ada komentar: