Laman

Kamis, 13 November 2008

Berbagi Keuntungan dari Bisnis Khitan

Khitan atau sunat bukan hanya kewajiban bagi para muslimin. Khitan terbukti sangat baik buat kesehatan. Wajar saja, kaum laki-laki dianjurkan melaksanakan khitan tanpa memandang agama dan suku.

Walhasil, jasa khitan menjadi peluang usaha cukup menjajikan. Hitung saja, berapa banyak lelaki menjelang aqil balik yang butuh jasa ini. Tak keran, dokter Mahdian Nur Nasution yang sudah tersohor sebagai dokter sunat, sampai menawarkan klinik Rumah Sunatan miliknya dalam bentuk business opportunity kepada masyarakat umum.

Awalnya, sejak tahun 2004, dokter jebolan Fakultas kedokteran Universitas Indonesia ini menerima jasa khitan di rumahnya. Ternyata, banyak orang membawa anaknya menjalani khitan di rumah Mahdian. Telisik punya telisik, ia adalah salah satu dokter yang menggunaka metode sunat teranyar bernama smart klamp.

Metode ini lebih praktis dan efisien ketimbang metode gunting konvensional atau sinar laser. Khitan konvensional biasanya memakan waktu setengah jam dan tidak boleh kena air selam dua minggu."Sedangkan, smart klamp ini cuma memakan waktu 10 menit dan paien sudah bisa beraktifitas seperti biasa,"ujar Fajar Harguna, Kepala Bagian Pengembangan bBisnis Rumah Sunatan.

Melihat respon masyarakatitu, Mahdian akhirnya membangun Klinik bernama Rumah Sunatan pada tahun 2005 di Matraman, Jakarta Pusat. Usaha ini berkembang pesat hingga Mahdian mendirikan tiga cabang di Kayu Putih dan Pulogadung, Jakarta Timur, Cimanggis, Depok, serta Bintaro, Tanggerang.

Sukses mengembangkan usaha sendiri, Mahdian tertarik memitrakan Rumah Sunatan dengan konsep business opportunity pertama di bidang sunat menyunat. Walhasil, empat klinik lain yang dikelola mitranya kini tersebar di luar Jawa, seperti di Bali, Surabaya, Semarang, hingga Medan.

Fajar bilang, untuk menjadi mitra Rumah sunatan, calon mitra harus menyediakan lokasi terlebih dahulu. Calon mitra juga harus mengisi klinik tersebut dengan prasarana, seperti mebel, perlengkapan kantor untuk klinik, dan fasilitas lainnya. Peralatan medis seperti peralatan klamp, laser, hingga alat bedah kecil dan tempat tidur dipasok Rumah Sunatan.

Selain itu, Rumah Sunatan akan memberikan seperangkat alat promosi dan software aplikasi klinik yang berlaku standar di seluruh Indonesia dan bersifat online. "Kami juga memberikan pelatihan penggunaan alat dan teknik menyunat. Jadi klinik sudah lengkap dengan ahli khitan,"katanya.

Panen saat musim liburan

Dalam hitungan Rumah Sunatan, dengan modal Rp 150 juta, calon mitra sudah bisa membangun klinik sendiri. Tapi karen sifatnya business opportunity, Rumah sunatan tidak menarik franchise fee. Kerjasama ini hanya menerapkan konsep bagi hasil atas keuntungan bersih setiap bulan. Bagi hasilnya berdasarkan kontribusi nominal investasi Rumah Sunatan dan mitra saat bersepakat membangun klinik.

Jadi, sebelum mendirikan klinik, mitra dan Rumah Sunatan ,menentukan nilai investasi dan porsi masing-masing. Walhasil jika porsi investasi mitra 2/3 maka keuntungan bersihnya juga 2/3. "Keuntungan bersih yang dibagi sudah dipotong biaya pekerja, dokter, belanja obat, dan sebagainya,"kata Fajar.

Nah, dengan tarif khitan antara Rp 600.000 sampai Rp 1 juta setidaknya dalam waktu satu tahun, modal si mitra sudah bisa kembali. Tapi, jangan salah, bisnis sunat ini juga tergnatiung momentum. "Misalnya, banyak orang tua yang mengkhitan anaknya saat liburan panjang sekolah,"ujarnya. (sumebr : Kontan Daily)

Telpon : (021) 85913421

2 komentar:

H.M.Jamil,SQ,MPd mengatakan...

Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Salam Hangat buat Keluarga Anda
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Unknown mengatakan...

Kalau kami di Bontang Kalimantan timur, apabila kerjasama..?