Laman

Selasa, 11 November 2008

Mencetak laba dari Usaha Sablon Instan

Bisnis percetakan dan sablon bukan hal baru. Namun, jika mampu menciptakan inovasi dan modifikasi yang membuat usaha sablon ini berbeda dibandingkan yang lain, itu baru luar biasa.

Apalagi, kendalabisnis ini cukup banyak. Pesaingnya bejibun dan ongkos produksi, khususnya konsumsi listrik cukup besar. Namun, dengan modifikasi mesin sablon serta mesin cetak yang lebih irit tinta, EcoPrintLution mampu menawarkan hal-hal yang berbeda.

Awalnya, perusahaan milik PT Elang Perkasa Langgeng ini bergerak di usaha isi ulang tinta laser jet dengan menyasar segmen perkantoran sejak 1997. Setelah berkembang, EcoPrintLution melebarkan sayapnya dengan menawarkan jasa percetakan dan sablon.

Hingga kini , EcoPrintLution sudah memiliki enam cabang di beberapa kota besar seperti Jakarta, Malang, Bali, dan Surabaya. Bahkan para pelangganya menawarkan diri menjadi mitra EcoPrintLution. "Sejak 2004 kami mulai menawarkan paket dasar investasi bagi masyarakat," kata Victor Emmanuel, Manajer Cabang PT Elang Perkasa Langgen di Jakarta Barat.

Victor menambahkan, Elang Perkasa juga memberikan kemudahan kepada calon mitra dengan penjelasan lengkap termasuk modal investasi tiap paket yang ditawarkan. Selain itu, sebelum mitra membeli paket, EcoPrintLution akan demo operasional mesin dan semua peralatan yang dibutuhkan.

Karena kebutuhan utama mitra adalah mesin cetak, EcoPrintLution memberikan perangkat printer dengan modifikasi sehingga lebih irit tinta. Tidak kalah penting adalah garansi mesin tertentu selama satu tahun se[erti pemanas.

Paket dasar investasi yang ditawarkan EcoPrintLution ada tujuh. Pertama, investasi Rp 1,2 juta untuk bisnis sablon tanda pengenal instan dengn fasilitas mesinlaminating, alat pemotong, alat pelubang kartu, bahan baku kertas, dan pelatihan tiga pegawai. Kedua,paket senilai Rp 2,18 juta yang sama dengan paket pertama tapi mendapatkan tambahan fasilitas printer irit tinta.

Wajib beli bahan baku

Sedangkan paket ketiga, inkjet sablon printing Rp 3,24 juta, menawarkan fasilitas mesinpress piring, sublimation transfer paper untuk bahan sablon, printer, dan pelatihan. "Biaya itu diluar bahan baku piring, ujar victor. Paket keempat atau inkjet sablon mug senilai Rp 2,84 juta, mitra mendapatkan fasilitas serupa paket keempat dengan mesin press mug.

Sementara, paket inkjet sablon t-shirt senilai Rp3,94 juta memiliki fasilitas yang sama, tapi ditambah mesin press untuk t-shirt. Sedangkan paket keenam yaitu inkjet sablon 3 in 1 senilai Rp 5,44 juta memberikan fasilitas sama dengan tambahan mesin mesin press 3 in 1 untuk kaos, mug dan piring.

Paket terkahir atau ketujuh print and wonder cut adalah paket termahal mencapai Rp6,44 juta. Paket yang paling populer saat ini mengakomodasi segala kebutuhan sablon instan, seperti menyablon kaos, topi, gelas dan piring.

Enaknya, dalam kerjasama business opprtunity (BO) ini, EcoPrintLution tidak menetapkan royakty fee. Hanya saja, mitra harus membeli bahan baku EcoPrintLution seperti mug, piring, dan tinta cetaak dari kantor pusat. "Bahan baku yang tidak ada seperti topi dan t-shirt bisa dibeli di luar," ujar Victor.

Soal omzet, sangat beragam, tergantung strategi pemasaran mitra. "Ada mitra yang mendapat pesanan puluhan ribu tiket masuk stadion Gelora Bung Karno untuk penonton sepakbola,"kata Victor. Ada juga mitra yang balik modal dalam dua bulan lantaran mengerjakan proyek besar. (sumber : kontan daily)

Telpon : (021)91275978 / 08883564944

Tidak ada komentar: