Laman

Minggu, 09 November 2008

Menjajaki tawaran usaha makanan dari Bogasari

Ada tawaran paket usaha makanan berbasis tepung instan dari Bogasari. Modalnya mulai Rp 8,8 juta hingga Rp 50 juta. Kurang dari setahun modal Anda bisa balik; asal lokasinya tepat dan Anda kreatif mengembangkan menu masakan.

Banyak orang ragu memulai bisnis sendiri. Kalaupun ada modal, orang belum tentu tahu harus terjun ke bisnis apa. Bila Anda mengalami masalah seperti ini, jangan berlama-lama larut dalam kebingungan. Tawaran paket bisnis makanan dari Bogasari bisa jadi alternatif. "Kami menawarkan berbagai paket usaha yang bisa dengan mudah dijalankan siapa pun," kata Henny Koesoemaharjati, Manajer Food Technology Research Center Bogasari Flour Mills.

Tawaran usaha dari pabrik tepung terigu terbesar di dunia ini bukan waralaba. Jadi, mitra (pembeli paket usaha) tak perlu membayar franchise fee dan royalti. Si mitra cukup membeli paket usaha membuat dan menjual suatu jenis makanan yang bahan bakunya berupa tepung buatan Bogasari.

Selanjutnya, si mitra akan memperoleh peralatan mengolah dan memasak makanan, serta kemudahan memperoleh bahan baku dari Bogasari. "Harga tepung untuk mitra lebih murah dari harga pasar," beber Henny. Ambil contoh, tepung pembuat crepes di pasaran harganya Rp 15.000 sekilo, sedangkan para mitra cukup membeli dengan harga Rp 11.000 sekilo.

Bogasari juga akan memberikan resep-resep pada para mitra sekaligus memberi pelatihan memasak dan menggunakan alat-alat. Pelatihannya hanya 1-2 hari. Henny berkata, waktu segitu cukup karena proses pengolahan makanannya memang sederhana. Bahan baku utamanya berupa tepung campur (premix) siap pakai. Penjual tinggal mencampurkan tepung instan itu dengan bahan tambahan seperti air atau mentega sehingga menjadi adonan siap masak.

Pilih-pilih paket usahanya

Saat ini Bogasari menawarkan empat paket usaha. Satu paket sudah ditawarkan setahun silam. Tiga paket lagi baru diluncurkan awal Oktober lalu. Untuk paket baru ini, Bogasari sudah menjaring 57 mitra baru dari Jakarta, Yogyakarta, Solo, Riau, Makasar, dan daerah lain. Berikut keempat pakat tersebut:

~ Paket Usaha Crepes dan Coins
Paket yang ditawarkan sejak setahun silam ini sudah menjaring 12 mitra. Untuk paket komplet seharga Rp 38 juta, si mitra akan memperoleh 2 unit mesin crepes listrik (alat berbentuk lempengan logam bundar yang panas untuk membuat crepes), 1 chiller (meja stainless yang dilengkapi pendingin).

Selain biaya paket, untuk memulai bisnis jualan kue crepes dan coins ini Anda juga harus menyediakan berbagai biaya lain (lihat tabel 1). Menurut Henny, usaha ini sebaiknya Anda buka di pusat perbelanjaan atau tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang.

~ Paket Usaha Noodle (Mi)
Paket usaha yang bisa dibuka di samping rumah atau pusat keramaian ini harganya Rp 27,5 juta. Isi paket ini terdiri dari: 1 unit meja bain marie (meja stainless yang dilengkapi alat pemanas untuk menyimpan kuah mi), 1 penggorengan, 2 kompor gas berikut tabung dan selang, dan training selama sehari (lihat tabel 2). Menu andalan Bogasari untuk usaha mi ini adalah mi bumbu lada hitam dan mi seafood.

~ Paket Usaha Martabuck
Usaha kelas gerobakan ini paketnya seharga Rp 8,5 juta. Paket ini berisi: 1 unit gerobak desain kanopi, 1 kompor gas burner, 1 cetakan martabak, dan pelatihan selama sehari (lihat tabel 3). Pilihan martabaknya saat ini ada tiga, yakni martabak manis, isi tuna, dan isi stroberi.

~ Paket Usaha Crispy Burger
Harga paketnya Rp 45 juta. Isinya: mesin pembuat crispy burger, chiller, dan training 1 hari (lihat tabel 4). Melihat wujud crispy burger yang berupa lapisan-lapisan tipis nan renyah dengan aneka isi, terkesan pembuatannya rumit. Jangan keder dulu. "Kami menyediakan lembaran-lembaran adonannya, kok," kata Henny.

Harus kreatif mengembangkan resep sendiri

Yang mana pun dari keempat paket itu yang Anda pilih, kunci keberhasilannya terletak pada pemilihan lokasi yang strategis. Selain itu, kendati semua masakan berbasis tepung instan, untuk menggaet banyak pembeli Anda harus kreatif membuat isi dan bumbu. Bila hanya mengandalkan menu awal dari Bogasari, lama-kelamaan pembeli tentu bosan dan penjualan Anda akan menurun.

Ini dialami Letisia, mitra Bogasari di Lampung yang membeli paket usaha crepes coins. "Awalnya saya bisa mencapai target penjualan, tapi belakangan penjualan menurun, karena produk crepes tak berkembang," keluhnya. Dia juga mengeluhkan sistem paket usaha ini membuat si mitra seolah tak punya ikatan dengan Bogasari. "Mereka seakan enggak mau pusing lagi dengan perkembangan kami," keluh Letisia.

Untuk mengatasi persoalan macam ini, Henny mengatakan, Bogasari berkomitmen terus mengembangkan produk-produk baru. "Paling tidak, dua kali setahun kami akan meluncurkan produk baru, dan kami akan membagikannya secara gratis bagi seluruh mitra," tandasnya. Untuk crepes coins, misalnya, Bogasari baru meluncurkan dua resep baru, yakni tiramisu dan black forest.

Henny mengakui, karena para mitra Bogasari tersebar di berbagai daerah yang selera pasarnya berbeda-beda, urusan membuat produk baru ini memang tak bisa memuaskan semua mitra secara bersamaan. Crepes tiramisu dan black forrest misalnya, digemari orang di kota besar seperti Jakarta, tapi tidak di Lampung. Karena itu, bila benar-benar hendak sukses, Anda tak boleh terlalu bergantung pada pihak lain. Berusahalah sendiri mengembangkan menu dan produk baru.

5 komentar:

amier zinchan mengatakan...

peluang usaha yang bagus banget pak...! kalau saya mo bergabung bagaimana dengan perjanjianya?
terutama yang ke 4.

amier zinchan mengatakan...

peluang usaha yang bagus banget pak...! kalau saya mo bergabung bagaimana dengan perjanjianya?
terutama yang ke 4.

Danz mengatakan...

Kalo mau tanya-tanya, bisa ga lewat sini? Thank u

tomy riyanto mengatakan...

kapan ada paket baru, saya suka buat donat. klau bisa jagn trlalu mahal biayanya. thx

tomy riyanto mengatakan...

kapan ada paket baru, sy suka bikin donat tapi ingin dpt resep yg labih oke. kalau bisa jangan mahal- mahal biaya paketnya.. thx