Laman

Minggu, 26 Oktober 2008

Bisnis Kaca Film Mobil

Menangkis Matahari, Menapis Untung Membuka toko kaca film Pesatnya penjualan mobil di Indonesia membikin peluang usaha kaca film tumbuh subur. Pemainnya memang cukup banyak, tapi pasarnya yang luas menyisakan ceruk bagi pemain baru. Menjadi agen V-Kool merupakan salah cara terjun ke bisnis ini.

Ugh..... kulit muka terasa terbakar, dada sesak, panas dan gerah! Siksaan macam ini bakal kita alami begitu masuk ke dalam mobil yang lama terjemur terik matahari. Itu kalau mobil belum menggunakan kaca film penahan panas matahari. Kini, selain mobil angkutan, sangat jarang pemilik mobil pribadi yang membiarkan kaca mobilnya bak akuarium. Maunya, ya, dikasih pelapis, biar para penumpangnya bisa terlindungi dari sengatan matahari dan radiasi ultraviolet, tidak tembus pandang dari luar, serta aman dari hamburan kaca bila terjadi kecelakaan atau serangan perampok.

Di pasaran ada begitu banyak macam pelapis kaca mobil yang dijuluki sebagai kaca film. Pasarnya besar dan terus bertambah lebar. Maklum, populasi mobil di Indonesia, yang sudah mencapai puluhan juta unit, dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebetulnya, kendati belum begitu populer di Indonesia, kaca film juga bisa dipakai untuk rumah dan gedung. Kaca film akan menahan panas matahari yang merambat masuk ke ruangan, sehingga bisa menghemat penggunaan pendingin ruang. Dus, bila terjadi ledakan bom di luar gedung, dan kaca kita ikutan pecah, pecahannya tak akan mencelakai orang di sekitarnya. "Sejak banyak ancaman bom, permintaan kaca film oleh gedung-gedung mulai meningkat," ujar Darma Eddie Salim, Presiden Direktur PT V-Kool Indo Lestari, salah satu pemain kaca film terbesar di Indonesia.

Saat ini pasar untuk gedung dan rumah baru 10%. Sisanya yang 90% masih dirajai kaca film mobil. Pasar yang menganga lebar itu membuat pelaku bisnis kaca film ini bisa menangguk untung yang lumayan menggairahkan. Ambil contoh, pengalaman Popo dan Dixon, dua kakak beradik pemilik Merapin, agen resmi kaca film V-Kool yang berlokasi di Pasar Baru. Saban bulan Merapin mengerjakan pemasangan kaca film untuk 500 mobil dan mengantongi omzet sekitar Rp 750 juta. "Pelanggan kami cukup banyak karena kami bekerja sama dengan 10 dealer mobil yang merupakan agen tunggal pemegang merek," terang Dixon.

Bila keuntungan bersih untuk pemilik usaha 10% saja, abang adik ini mengantongi keuntungan Rp 75 juta per bulan. Hm... mantap, kan? Modalnya mulai Rp 60 juta Pemain di bisnis kaca film ini memang sudah cukup banyak. Namun, pasarnya yang lebar dan terus bertambah, dus potensi pasar rumah dan gedung yang belum tergarap maksimal, menjadikan bisnis ini masih cukup menarik dijajal pemain baru. Bila hendak menekuni bisnis agen kaca film ini, tentu Anda harus bekerja sama dengan perusahaan penghasil atau dealer kaca film. Salah satunya yang saat ini tengah gencar menjaring agen-agen baru adalah PT V-Kool Indo Lestari. Perusahaan ini menawarkan tiga jenis produk: kaca film V-Kool dan Solar Guard yang bisa digunakan untuk mobil dan bangunan, serta Armorcoat si kaca film untuk bangunan. "Karena pasarnya masih amat kecil, peluang menjadi agen Armorcoat kami batasi," kata Darma.

Indo Lestari juga membatasi peluang menjadi agen V-Kool, khususnya di daerah-daerah yang pemainnya sudah cukup banyak. "Kaca film V-Kool itu produk yang eksklusif dan pasarnya tak begitu besar," terangnya. V-Kool merupakan kaca film untuk mobil kalangan atas. Harganya terbilang mahal, mencapai Rp 4,7 juta-Rp 5,5 juta untuk satu mobil. Adapun Solar Guard merupakan kaca film untuk kalangan menengah bawah. Harganya hanya Rp 500.000-Rp 600.000 untuk satu mobil. "Karena pasarnya amat luas, kami akan menambah agen Solar Guard dalam jumlah besar," ujar Darma. Targetnya, tahun ini Indo Lestari akan membuka 20-30 agen baru, di seluruh tanah air.

Bila bisnis agen Solar Guard berkembang baik, ada kemungkinan dia juga akan bisa menjadi agen V-Kool. Untuk menjadi agen V-Kool dan Solar Guard, kata Darma, Anda sebaiknya sudah memiliki latar belakang atau jaringan di bisnis otomotif. Misalnya, Anda sudah memiliki usaha variasi mobil atau kaca film sebelumnya. Selain menghemat modal, ini juga memastikan Anda sudah memiliki pasar. Anda juga harus menyiapkan modal duit. Untuk menjadi agen V-Kool, modal awalnya sekitar Rp 250 juta-Rp 350 juta, tergantung lokasi. Sebagian besar modal ini akan digunakan untuk merenovasi ruang usaha sesuai dengan standar V-Kool. Oh, ya, ruang usahanya sebaiknya berada di lokasi yang strategis, dan memiliki luas minimal 5 x 15 meter.

Adapun margin (harga jual ke konsumen dikurangi harga beli dari Indo Lestari dan biaya tenaga pemasangnya) kaca film V-Kool berkisar antara Rp 150.000- Rp 200.000 per mobil. Akan halnya agen Solar Guard hanya membutuhkan modal awal Rp 60 juta, belum termasuk sewa ruang. Marginnya Rp 100.000 per mobil. Pintar-pintarlah menghitung diskon Kalau serius mau memulai usaha agen kaca film ini, siapkan lima tenaga kerja: 1 orang untuk kasir dan administrasi, 1 orang untuk pe-masaran, dan 2 orang tenaga pemasangan kaca film. Indo Lestari akan melatih semua karyawan ini secara cuma-cuma. "Orang dari Indo Lestari datang untuk melatih karyawan saya," ujar A Hung, agen V-Kool dan Solar Guard di Kebon Jeruk dan Pecenongan.

Untuk sukses di bisnis ini, selain lokasi yang strategis ada beberapa hal yang harus diperhatikan si agen. Pertama, si agen mendapat pasokan kaca film dari Indo Lestari dengan sistem beli putus. Untuk itu, si agen harus bisa menghitung berapa besar kebutuhan kaca filmnya, terlebih bila modalnya pas-pasan. Kedua, Indo Lestari memang membebaskan agen-agennya memberikan diskon bagi pelanggannya, dengan batasan diskon maksimal 20%. Namun, si agen harus cermat menghitung biaya sebelum memberikan diskon. Yang harus dicermati di sini adalah ukuran lebar kaca filmnya yang 1,5 meter. Bila ada pelanggan yang membutuhkan kaca film dengan lebar 1 meter, berarti ada sisa potongan 50 cm. "Itu akan menjadi tanggungan si agen. Dia harus jago menghitung diskonnya agar tetap dapat untung," papar Darma. Bila semua lancar, usaha agen kaca film ini akan balik modal dalam waktu 1-2 tahun. Nah, Anda tertarik?

2 komentar:

KHANZA STICKER mengatakan...

Cara menjadi agen

Unknown mengatakan...

Saya minat tapi yang solar guard karena modal awal kecil