Senin, 27 Oktober 2008

Tambah Untung dari Kurir VIP, Peluang usaha agen RPX layanan premium

Dengan modal Rp 17 juta, Anda sudah bisa menjadi mitra agen RPX. Jika bisnis berjalan lancar, modal segitu bisa kembali dalam satu tahun. Siapa pun yang mempunyai barang atau dokumen berharga sudah pasti akan menjaganya dengan hati-hati. Apalagi jika Anda ingin mengirim barang atau dokumen itu kepada pihak lain yang memiliki hubungan penting dengan Anda. Kalau bisa, tentu Anda ingin mengirimkan barang itu sendiri. Dengan begitu, selain bisa menjaga sendiri keutuhan barang tersebut, Anda juga bisa memastikan bahwa barang tersebut sampai ke alamat yang ingin dituju.

Mengirimkan barang sendiri seperti itu bisa Anda lakoni jika jarak tempuhnya tidak jauh-jauh amat. Tapi, jika lokasi yang ingin dituju berada di luar kota, luar pulau, atau luar negeri; tentu Anda akan kerepotan. Kebutuhan pengiriman yang spesial seperti inilah yang kemudian menjadi kue bisnis yang sangat menarik bagi perusahaan jasa titipan kilat. RPX menjadi salah satu perusahaan kurir dan kargo (logistik) yang serius menggarap pasar ini. Baru-baru ini, RPX meluncurkan tiga layanan terbaru yang dikhususkan bagi para pelanggan yang membutuhkan jasa pengiriman barang spesial.

Servis yang pertama bernama golden package. Sesuai dengan namanya, jasa kurir yang satu ini benar-benar eksklusif. Bagaimana tidak? Setiap pengiriman satu barang akan ditangani oleh satu kurir khusus; sejak mulai pengambilan barang sampai pengirimannya. Kurir itu juga akan ikut naik pesawat dan langsung menyerahkan barang kiriman ke alamat yang dituju dalam hitungan jam. Kelebihan lain, keberadaan kurir bisa dilacak. "Jadi, produk ini sifatnya langsung, tanpa melalui customer service untuk melayani," ujar M. Kadrial, Direktur Pengelola RPX Group. Layanan berikutnya adalah premium package yang menawarkan solusi pengiriman barang bagi pelanggan yang menginginkan kirimannya tiba di tujuan pada hari yang sama. "Tapi, kurirnya tidak ikut naik pesawat," kata Kadrial.

Terakhir adalah mid-day package. Ini merupakan servis pengiriman barang yang akan tiba di tempat tujuan di wilayah Indonesia pada hari berikutnya; sebelum jam 12.00 siang. Cocok untuk bisnis sampinganTapi, RPX tak ingin menjajakan sendiri servis-servis VIP-nya itu. Selain melalui cabang-cabang RPX, produk-produk baru itu juga akan ditawarkan melalui mitra agen resmi RPX yang disebut RPX-Authorized Ship Center (ASC). Karena itulah, skema kerja sama ASC mengalami sedikit perubahan. Selain menjadi mitra ASC yang standar , para mitra agen RPX yang sudah beroperasi juga bisa menjadi mitra ASC yang menawarkan produk-produk baru tadi.

Jika memilih pola terakhir ini, artinya mitra ASC bakal menawarkan lima produk; tiga produk baru dan dua produk yang sudah ada sebelumnya, yakni pengiriman paket domestik (priority package) dan internasional (international priority). Cuma, dari total ASC yang berjumlah 100 buah, belum tentu semuanya bisa menjajakan tiga jasa pengiriman terakhir tadi. "Kita akan melihat dan menyeleksi berdasarkan potensi pasarnya," ujar Kadrial. Dus, RPX akan melakukan penjajakan terlebih dahulu, apakah ketiga produk baru itu akan terjual oleh masing-masing ASC atau tidak.

Tidak ada komentar: