Laman

Selasa, 22 September 2015

Menangkap peluang trend hidup sehat

Menjalankan pola hidup sehat salah satunya dengan menjaga asupan makanan. Beberapa tahun terakhir menu makanan sehat yang tren di masyarakat perkotaan adalah overnight oatmeal. Ini adalah oat yang dicampur dengan buah, biji-bijian atau susu almond untuk sarapan. Sejumlah produsen produk ini meraup berkah dari tren makanan sehat ini.


Saat ini tren hidup sehat tengah melanda masyarakat perkotaan. Rutinitas pekerjaan yang padat dan aktivitas fisik yang menguras tenaga, menuntut masyarakat urban untuk tetap bugar. Tak terkecuali bagi mereka yang ingin berdiet, overnight oatmeal menjadi salah satu menu yang cocok dan sedang tren dalam beberapa tahun terakhir dijadikan makanan sehat. Menu ini muncul sebagai inovasi mengonsumsi oatmeal agar terasa lebih nikmat dengan cara mencampur aneka buah-buahan, kacang-kacangan atau susu almond yang kemudian disimpan dalam lemari es semalaman. Setelah itu menu ini siap disantap di keesokan harinya untuk sarapan. Itu sebabnya menu ini populer disebut overnight oatmeal. Selain kaya akan serat, aneka vitamin dari aneka topping menambah gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Itu sebabnya, menu ini banyak dicari konsumen, sehingga peluang usahanya cukup lebar.
http://supplier.id/?join=716
Esteriana Sari, produsen overnight oatmeal dengan bendera usaha Good Mood mengatakan, dengan dibantu dua orang karyawan mampu memproduksi sekitar 50 botol hingga 100 botol overnight oatmeal per hari. Menurut Ester, wadah overnight oatmeal harus ditaruh dalam botol kaca agar lebih awet dan juga higienis. Karena oatmeal kaya akan serat, ini dapat membuat kenyang dalam waktu yang lebih lama ketika disantap sebagai sarapan.
Ada empat varian rasa yang ditawarkan Good Mood adalah banana original, choco banana, stroberi, dan alomod kiwi. Produk Good Mood hanya bertahan selama 24 jam karena semua bahan baku tanpa pengawet. Dari empat menu tersebut, chocho banana yang paling banyak disukai pembeli.
Empat varian menu ini dibandrol seharga Rp 45.000 per porsi. Menjalani usaha sejak setahun lalu, Ester aktif berpromosi lewat media sosial seperti Instagram. "Jika sedang ramai pesanan, omzet bisa mencapai Rp 10 juta per bulan," ujar dia.
Pelaku usaha lainnya, Hany Kurniawan yang mengusung brand Yourganic, sudah mulai berbisnis overnight oatmeal sejak tahun 2013. Yourganic tidak hanya memproduksi overnight oatmeal tapi juga almond milk, almond butter, coconut H20, black lemonade, dan elixir.
Dalam sehari Hany bisa memproduksi sebanyak 30 botol dengan dibantu delapan orang karyawan. Ia bilang, sejak akhir 2013, selain promosi lewat media sosial dan internet, Yourganic juga telah bekerjasama dengan beberapa supermarket untuk memasarkan berbagai produknya.
Yourganic menawarkan berbagai varian menu overnight oatmeal yakni kakaoats, banana rama, dan berryoatsy. Tiga varian menu ini dibandrol seharga Rp 55.000 per porsi. Dari seluruh produk yang dijual Yourganik, Hany bisa meraup omzet hingga Rp 300 juta per bulan.
Pangsa pasar yang disasar produk makanan sehat Yourganic adalah kalangan menengah ke atas dan para ekspatriat.       

sumber : kontan.co.id

Tidak ada komentar: